2 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online dengan Mudah

2 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online dengan Mudah - Pada kini perkembangan teknologi info benar-benar pesat dan memungkinkan siapa saja mampu membuatkan terobosan baru supaya nasib menjadi lebih mudah. Kemudahan tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah dalam faktor perpajakan. Bagi kamu yg mempunyai kendaraan pribadi, jadi kamu mampu dengan mudah mengenal info tentang pajak kendaraan dengan cara online.

2 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online dengan Mudah


Kamu mampu mencari info tentang pajak kendaraan kamu baik melewati software maupun situs resmi Samsat. Berikut ini adalah berbagai pembahasan tentang tutorial memeriksa pajak kendaraan bermotor baik dengan cara online melslui software maupun melewati situs resmi Samsat. Untuk lebih lengkapnya baca langkah-langkahnya berikut ini.

2 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online dengan Aplikasi dan Website


A. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Aplikasi


Jika dulunya masyarakat DKI Jakarta memakai no 1717 untuk memeriksa pajak melewati SMS, jadi pada ketika ingin no tersebut telah tak berlaku lagi untuk pengecekan pajak. Karena pada kini tempat DKI Jakarta telah mempunyai software untuk memeriksa pajak, pencurian kendaraan bermotor, dan juga masa berlaku STNK.

Aplikasi tersebut mampu kamu untuk dengan cara gratis melewati Google Play Store untuk kamu para pemakai device android. Untuk para pemakai IOS terbukti belum mampu mengakses software ini dan hanya mampu mengakses dengan cara online kendaraan bermotor melewati website. Untuk provinsi lain yg telah mempunyai software e-samsat untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor yaitu Jakarta Timur dan Sumatera Barat.

1.Pertama silahkan kamu download software e-samsat via Google Play Store pada device android kamu.

2.Kemudian buka software e-samsat dan pilih layanan menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

3.Selanjutnya masukkan info plat no kendaraan yg ingin kamu cek.

4.Maka nantinya akan timbul info tentang jumlah pajak kendaraan yg wajib kamu bayar dan tanggal jatuh temponya.

Untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur, mampu melakukan pembayaran pajak dengan cara online melewati software maupun melewati kantor Samsat. Akan melainkan untuk wilayah Sumatera Barat, hanya mampu melakukan pembayaran pajak melewati kantor Samsat saja.

B. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Website


Kamu mampu memeriksa pajak kendaraan dengan cara online melewati situs resmi Samsat tempat kamu. Pada situs tersebut , kamu akan memperoleh info tentang jumlah pajak yg wajib kamu bayarkan dan tanggal jatuh tempo. Meskipun tak semua wilayah mempunyai layanan e-samsat dan pastinya setiap wilayah mempunyai situs yg berbeda, berikut ini adalah tutorial memeriksa pajak kendaraan bermotor melewati website.

Di sini mastekno akan mencontohkan tutorial memeriksa pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Sebenarnya untuk semua tempat langkah-langkahnya sama saja. Kamu hanya butuh mengunjungi situs e-samsat sesuai dengan wilayah kamu. Simak tutorialnya berikut ini.

1.Pertama kunjungi situs e-samsat Jawa Tengah.
2.Kemudian isikan no kendaraan bermotor kamu, lalu klik Submit.
3.Maka akan timbul angka yg adalah nominal pajak normal. Angka tersebut bukan tergolong pajak progresif alias denda.

Untuk tempat lainnya, berikut ini adalah daftar situs yg mampu kamu kunjungi untuk melakukan pengecekan kepada pajak kendaraan bermotor sesuai dengan wilayah yg kamu tempati.

  1. DKI Jakarta
  2. Jawa Barat
  3. Jawa Tengah
  4. Jawa Timur
  5. Yogyakarta
  6. Aceh
  7. Riau
  8. Kepulauan Riau
  9. Sulawesi Tengah

Penutup

Jadi itulah postingan dari mastekno tentang tutorial cek pajak kendaraan bermotor dengan cara online dengan mudah. Setelah kamu mengenal tutorial memeriksa pajak kendaraan bermotor, jadi kini tak ada argumen lagi untuk menjalankan kewajiban kamu dalam membayar pajak dengan cara cocok waktu supaya tak dikenai denda. Semoga mampu berguna dan membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel